Tips Memperbaiki hasil Cek Turnitin



Bagi mahasiswa Skripsi di Era sekarang pasti akrab dengan software pendeteksi Similarity Turnitin, beberapa Universitas memang sudah menerapkan batas score similarity untuk mencegah mahasiswa terjebak pada dilema plagiasi. Software Turnitin sendiri bekerja dengan mencocokkan isi sebuah paper dengan semua sumber di Internet, dengan catatan bahwa Kelas dan assignment yang digunakan di setting sedemikian rupa agar mencocokkan ke semua sumber yang bisa turnitin telusur. Bagi Universitas yang melanggan secara khusus, Turnitin memang menyediakan space khusus bagi semua paper yg diupload ke dalam space repository khusus di Universitas tersebut.
Pilihan paling aman untuk setting ini adalah "No Repository" dimana paper tidak disimpan di slot space manapun. Lantas bagaimana mahasiswa Skripsi agar papernya tidak mendapat hasil similarity Tinggi, berdasarkan pengalaman penulis hal terbaik ketika mulai menyusun skripsi adalah dengan menghindari Copy Paste, secara spesifik adalah dengan tidak melakukan copy paste sekaligus Teori dan Penjelasannya. 
Secara lebih sederhana Mahasiswa yang sedang melakukan research dapat menuangkan ide yang ditangkap dari paper yg dirujuk langsung ke dalam bahasa sendiri, karena jika sudah terlanjur Copy Paste maka Jika terdeteksi similar dengan Paper lain maka perbaikan yang dilakukan akan semakin susah dan ini sama dengan 2 kali kerja. Semoga Tips singkat ini bermanfaat. 

Comments