Cara Membaca Statistik pada YouTube Studio Anda




Untuk melihat YoTube Analytics, login ke akun YouTube Anda dan buka Creator Studio. Dari sana, anda dapat Meng klik tab Analytics di menu sebelah kiri layar Anda.

Untuk memeriksa video mana yang berkinerja terbaik, klik Waktu tonton di bawah Laporan waktu tonton. Di bagian atas halaman akan ada grafik waktu tonton Anda secara umum, dan jika Anda menggeser kursor ke bawah, Anda akan melihat daftar video Anda yang diberi peringkat berdasarkan waktu tonton. Video yang memiliki kinerja terbaik akan berada di atas dan, untuk melihat lebih banyak statistik terkait video berkinerja tinggi ini, cukup klik judulnya. Setelah itu, Anda akan dapat mengklik di sekitar bagian yang berbeda di Analytics Anda dan melihat laporan yang berkaitan dengan video tertentu yang Anda pilih.

Pada dasarnya ada 2 jenis utama laporan analitik adalah Laporan Waktu Tonton dan Laporan Interaksi.


1. Membaca dan Menafsirkan Laporan Waktu Tonton YoTube
Untuk menemukan laporan Waktu menonton, Anda hanya perlu masuk ke akun Google Anda, pergi ke studio Pembuat, klik tab analitik, lalu klik waktu menonton. Anda dapat melihat waktu tonton setiap video di saluran Anda, yang merupakan data penting yang harus dimiliki karena waktu tonton adalah faktor terpenting dalam menentukan peringkat video Anda di hasil penelusuran.

Laporan waktu tonton mencakup jumlah total waktu video Anda, atau pilihan video, benar-benar ditonton. Untuk memastikan bahwa Anda hanya memublikasikan video berkualitas, Anda perlu memastikan bahwa pemirsa Anda secara konsisten berpegang pada video Anda dan menonton semuanya, atau setidaknya sampai setengah jalan. Waktu tonton mewakili salah satu metrik yang paling berarti dalam memastikan bahwa Anda melibatkan audiens Anda.

Analisis YoTube sekarang dapat menampilkan waktu tonton dari setiap video yang Anda buat. Melihat metrik tentang berapa lama orang benar-benar menonton setiap video yang Anda buat dapat menunjukkan kepada Anda apa yang telah Anda lakukan di masa lalu dan apa yang perlu Anda lakukan lebih banyak untuk terus meningkatkan waktu tonton Anda.



Di samping waktu tonton, Anda juga dapat melihat durasi rata-rata setiap penonton menonton video Anda. Persentase rata-rata video Anda yang ditonton akan menampilkan area di mana Anda mungkin mengalami kesulitan dengan konten video Anda. Misalnya, jika terlihat jumlah penonton yang sangat tinggi yang Skip atau berhenti  menonton selama intro Video Anda, mungkin ada sesuatu tentang klip tersebut yang perlu diubah.

Dalam laporan waktu tonton untuk masing-masing video, Anda akan dapat melihat data dari mana asal penayangan Anda dan demografi mana yang paling banyak menonton. Dengan gadget apa penonton Anda menonton, baik desktop maupun seluler, juga data menarik yang tersedia di bagian ini.

2. Membaca dan Menafsirkan Laporan Interaksi YouTube
Laporan interaksi berkaitan dengan tindakan yang diambil penonton setelah menonton video anda, diantaranya adalah:
- Mengambil keputusan untuk menglik dan Subscribe/berlangganan saluran Anda,
- Meng Klik like Button  karena menyukai video Anda
- Membuat komentar pada kolom komentar. 

Kita dapat menemukan laporan interaksi semacam ini di Creator Studio di bawah Analytics.

Laporan interaksi dapat dipecah menjadi beberapa laporan berbeda yang dapat membantu menentukan kinerja keseluruhan dari setiap video YoTube. Laporan interaksi utama yang harus Anda minati mencakup:


1. Subscriber: Anda dapat menemukan data ekstensif tentang pelanggan Anda, seperti demografi termasuk kelompok usia dan jenis kelamin. Mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan dapat membantu Anda menyesuaikan konten. Misalnya, jika Anda mengetahui bahwa pemirsa Anda sebagian besar adalah remaja putri di bawah 24 tahun di Indonesia, Anda dapat melakukan penelitian tentang apa yang saat ini populer di kalangan remaja putri di bawah 24 tahun yang berdomisili di Indonesia.

2. Suka dan tidak suka (Like & Dislike): Suka dan tidak suka bukanlah metrik yang kuat dalam hal peringkat mesin pencari, tetapi memberikan informasi yang berguna bagi pembuat. Jika Anda mendapatkan Dislike pada suatu video, Anda harus mencari tahu alasannya. Jika Anda mendapatkan banyak suka/like pada suatu video, itu dapat menunjukkan bahwa Anda harus fokus pada pembuatan konten serupa.

3. Daftar Putar (Playlist): Penonton yang menonton video dalam daftar putar kemungkinan besar akan terus menonton lebih banyak video dari daftar putar tersebut, sehingga membuat daftar putar sangat bagus untuk pertumbuhan saluran Anda. Laporan di bagian ini akan membantu Anda mengetahui daftar putar mana yang berkinerja terbaik, yang dapat memberi Anda gambaran tentang jenis video atau topik video mana yang paling disukai pemirsa.

4. Komentar: Membaca komentar adalah cara yang bagus untuk mengetahui apa yang dipikirkan pemirsa Anda, tetapi itu belum semuanya bagus. Jika pemirsa kembali ke video untuk terus berbicara dengan Anda atau pemirsa lain, itu akan meningkatkan penayangan dan waktu menonton Anda. Jika sebuah video sangat bagus dalam menghasilkan diskusi, Anda harus mencari tahu mengapa (yaitu pertanyaan penutup Anda) dan terus melakukannya.

5. Berbagi (Share) : Menemukan tempat video Anda dibagikan bisa menjadi penting untuk mencari tahu platform apa yang seharusnya Anda gunakan selain YouTube. Jika video Anda dibagikan dan banyak ditonton di Twitter, Anda harus mempertimbangkan untuk membuat akun Twitter untuk saluran Anda.

6. Cards: Melacak kinerja Kartu Anda akan membantu Anda mengoptimalkannya untuk mengarahkan lalu lintas di antara video Anda. Dengan menguji berbagai stempel waktu untuk kartu, Anda akan menemukan tempat yang tepat yang tepat untuk meletakkannya. Dengan mencoba berbagai pesan di kartu Anda, Anda akan mempelajari cara menulis 'ajakan bertindak' yang memobilisasi pemirsa Anda.

7. Layar akhir (End Screen): Layar Akhir sangat penting untuk mempertahankan Subscriber di saluran Anda. Laporan rasio klik-tayang layar akhir Anda sangat penting untuk membantu Anda mengetahui jenis link yang berfungsi, dan gaya pembuatan End Screen  mana yang paling efektif untuk Video Anda. Apakah orang lebih cenderung mengklik saat Anda berbicara dengan mereka melalui layar akhir, atau jika itu adalah Card statis?

7. Laporan Hot Map 360: Laporan Hot Maps bekerja secara khusus dengan video 360 ° jika Anda memilih untuk melibatkan pemirsa Anda dengan jenis konten ini. Melihat statistik video YouTube untuk Hot Map 360 ° akan membantu menunjukkan area di video Anda yang paling diminati Subscriber anda.

Cara Melihat Statistik YouTube Orang Lain
Jika Anda ingin memeriksa statistik saluran YouTube saingan (termasuk saluran paling banyak berlangganan di YouTube), atau saluran yang Anda suka, coba gunakan Social Blade. Social Blade adalah salah satu sumber data YouTube yang paling tepercaya, dan sebenarnya lebih mudah untuk memeriksa statistik dasar Anda di sana daripada di Creator Studio terkadang karena tata letaknya yang sederhana. Untuk memulai, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengetikkan nama saluran YouTube apa pun ke dalam bilah pencarian. Anda akan dapat melihat laporan tentang penayangan harian, pertumbuhan saluran, dan bahkan taksiran pendapatan iklan (pelajari lebih lanjut tentang cara melihat pendapatan iklan saluran di sini).

Sekarang setelah Anda mengetahui cara melihat statistik YouTube, apa yang akan Anda lakukan dengan statistik tersebut?

Comments